Kamis, 21 Februari 2013

Apple iPhone 5 harga spesifikasi review

Apple iPhone 5 harga spesifikasi review, gambar iphone 5 terbaru

Ini dia smartphone yang paling ditunggu-tunggu sedunia. Apple iPhone 5. Meski banyak orang baik penggemar Apple maupun penggemar dunia teknologi kecewa akan penambahan yang dianggap tidak terlalu signifikan dibanding iPhone 4S, namun nyatanya hanya dalam beberapa hari penjualannya sudah mencapai jutaan unit. Fitur-fitur kunci smartphone dengan platform iOS6 ini antara lain adalah layar Retina Display 4 inci (1136x640 piksel), prosesor dual core, RAM 1GB, kamera 8MP dan perekam video 1080p.

Paket Penjualan
dus
petunjuk sederhana
kabel data+charger
earpod
ejector NanoSIM


Desain, bodi dan layar
Dilihat dari depan desain iPhone 5 memang cuma lebih panjang saja dibanding 4 / 4S. Jadi tidak salah jika banyak orang bilang membosankan. Untuk bagian list samping dan bagian belakang berbahan aluminium, dengan pengecualian di bagian atas dan bawah pada kover belakang yang berbahan glossy. Jack audio berpindah tempat kini ada di bawah, menemani loudspeaker, port charger/data Lightning dan mic. Bentuk mic dan loudspeaker itu sendiri untuk saya pribadi terasa kurang sophisticated, masih lebih baik desain loudspeaker pada iPhone 4S. Impresi memegang iPhone 5 sendiri masih seperti iPhone sebelumnya, terasa sekali finishing yang bagus, desain simpel elegan (kecuali loudspeaker) dan benar-benar premium dan berkelas, meski bentuk yang terlalu menyiku mengakibatkan ketidaknyamanan dibanding smartphone lain yang bodi belakang dan sampingnya agak melengkung mengikuti genggaman tangan. Di luar hal tersebut terasa pas, walaupun ketebalannya hanya 7.6 mm, dengan layar 4 inci ukuran ponsel ini tidak terlalu besar. Berkat beratnya yang hanya 112 gram, ponsel ini terasa sangat ringan dibanding 4S yang 140 gram, dan secara umum lebih ringan dari smartphone kebanyakan. Sayangnya bodi belakang aluminium membuat ponsel ini terasa sangat panas ketika bekerja berat dalam waktu cukup lama, hal yang mengurangi kenyamanan user experience Anda.

Daya Tahan Baterai
Tidak jelas memang berapa sebenarnya kapasitas batre di iPhone 5, beberapa sumber menyebutkan 1440 mAh. Yang pasti daya tahan baterenya standar saja kalau tidak ya mengecewakan (relatif), contohnya kami memainkan iPhone 5 selama sekitar 45 menit dan batere berkurang 20 persen. Penggunaannya memang cukup berat antara lain: kecerahan layar maksimal, menggunakan kamera, merekam video, browsing, internet melalui WiFi, sinyal selular aktif dan mengotak-atik pengaturan. Selain itu, hawa panas juga cukup terasa ketika Anda menggunakan smartphone ini dalam waktu lama.


Kesimpulan
Beberapa fitur memang tidak dan sepertinya memang tidak akan dimasukan Apple ke iOS seperti dukungan codec video yang lebih banyak dan mode mass storage pada iDevices ataupun slot micro SD. Tetapi suka atau tidak, memang inilah cara dan gaya Apple. Untuk Anda pemilik iPhone 4S, rasa-rasanya Anda tidak perlu upgrade ke iPhone 5, apalagi semua fitur iOS 6 bisa dinikmati pada iPhone 4S. Performa iPhone 5 dalam hal grafik maupun tasking memang cukup meningkat dibanding 4S, namun kami rasa 4S pun masih mumpuni. Kecuali Anda ngebet dengan desain kover belakang yang baru, layar lebar dan kamera yang lebih bagus (itupun peningkatannya tak seberapa), pertahankan iPhone 4S Anda.

Harga resmi sendiri belum diketahui tapi asumsi kami paling tidak sama atau bahkan lebih dari Rp. 7,7 juta (harga 4S saat pertama dirilis) untuk versi 16GB. Di rentang harga segitu, iPhone memang menciptakan pasar sendiri, jadi bisa dibilang tidak punya pembanding. Jika Anda tidak suka dikekang oleh Apple dan iOS-nya, ada beberapa pilihan smartphone Android kelas atas yakni Samsung Galaxy S III, HTC One X dan LG Optimus 4X yang kesemuanya harganya jauh dibawah Rp. 7,7 juta. Pastinya kami menyarankan agar Anda tidak membeli ponsel ini sekarang, bagaimanapun juga Rp. 11 juta untuk sebuah ponsel sangatlah berlebihan, namun tentu semuanya kembali lagi ke diri Anda sendiri.

Kelebihan:
Performa amat mulus
Layar IPS yang bagus
Kamera dan perekaman video berkualitas
Ringan
Desain berkelas

Kekurangan:
Terlalu tergantung dengan iTunes
Tidak ada slot memori eksternal
Layar kecil dibanding smartphone flagship lainnya
bodi cepat panas
beberapa aplikasi belum mendukung layar lebar iPhone 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar